Pantai Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Benoa

Posted on

Bali memiliki berbagai objek wisata Bali yang wajib kamu kunjungi. Salah satu di antaranya adalah Pantai Tanjung Benoa yang terkenal akan keindahan pemandangannya.

Kemudian, tempat ini juga dikenal sebagai surganya wisata air di Bali. Karena kamu bisa menemukan berbagai permainan air yang seru dan menyenangkan. Oleh karena itu, Tanjung Benoa cocok menjadi tujuan wisata berkelompok baik itu bersama anggota keluarga dan sahabat.

Sejarah Pantai Tanjung Benoa

Sebelum dikenal sebagai wisata Tanjung Benoa Bali, ternyata tempat ini dahulunya terkenal sebagai tempat berlabuhnya kapal dagang asal Cina. Hal ini terjadi sekitar tahun 1546 lalu. Produk yang diperdagangkan sebagian besar berupa keramik yang kemudian ditukar dengan produk lokal.

Bahkan, pedagang asal Cina ini menetap dan menjadi penduduk Tanjung Benoa. Seiring berjalannya waktu, wilayah ini menjadi perkampungan nelayan karena sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan.

Tapi, sejak tahun 1980 lalu ketika dibangunnya wilayah wisata yang mewah bernama BTDC di Nusa Dua ternyata membawa perubahan di area sekitarnya. Hal ini juga berdampak ke Tanjung Benoa yang lokasinya sangat dekat dengan Nusa Dua.

Pada akhirnya, pemerintah Bali menetapkan tempat ini sebagai wisata bahari. Tentu hal ini didukung dengan fakta bahwa Tanjung Benoa memiliki pantai pasir putih, laut serta pemandangan yang indah. Jadi, kamu jangan heran jika tempat ini menjadi bagian dari paket wisata Bali.

Lokasi Wisata Tanjung Benoa

Alamat Pantai Tanjung Benoa berada di Desa Tanjung Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali. Kamu bisa mencapai lokasi ini dengan mudah karena berada di jejeran pantai terkenal lainnya.

Akses jalannya juga mudah dilalui. Oleh karena itu, kamu bisa memakai sepeda motor atau sewa mobil matic Bali untuk mencapai lokasi tersebut.

Beberapa Fasilitas di Pantai Tanjung Benoa

Fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup memadai sehingga berbagai kebutuhan kamu dapat terpenuhi dengan baik. Fasilitas tersebut berupa area parkir yang luas dan nyaman, tempat penginapan, restoran, kafe, area penyewaan alat bermain dan lainnya.

Setiap fasilitas dan pelayanan yang ada dijamin sangat baik karena kepuasaan wisatawan merupakan hal yang utama. Kamu bisa menikmati fasilitas ini dengan mudah karena terdapat variasi harga yang bisa disesuaikan dengan budget masing-masing.

Tarif dan Jam Buka Pantai Tanjung Benoa

Tanjung Benoa watersport memiliki tarif masuk yang bersahabat. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya Rp 5 ribu per mobil dan Rp 2 ribu per motor. Sedangkan biaya penggunaan fasilitas watersport dan makanan tentunya berbeda-beda.

Walaupun demikian, lokasi wisata ini terbuka sepanjang waktu alias 24 jam. Jadi, kamu bisa mengunjungi tempat ini sebebas mungkin. Tetapi, kamu sebaiknya datang di pagi atau siang ke sore.

Karena pada jam tersebut cuaca tidak begitu panas sehingga kamu dapat langsung menikmati semua permainan watersport dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan sekitar ketika dalam perjalanan.

Beberapa Wahana yang Dapat ditemukan

Para wisatawan yang berkunjung biasanya berupa kelompok baik itu teman sejawat, teman sekantor atau kelompok lainnya. Oleh karena itu, wisatawan ini sering memakai jasa rental bus pariwisata Bali untuk memenuhi kebutuhan transportasinya.

Hal ini diperlukan karena Tanjung Benoa memiliki banyak wahana air yang cocok untuk kegiatan berkelompok. Adapun beberapa wahana tersebut antara lain:

Scuba Diving

Para pecinta alam bawah laut bisa melakukan penyelaman di Tanjung Benoa. Air lautnya yang tenang membuat kamu bisa melakukan hal ini dengan mudah. Kamu bisa menyewa alat bantu pernapasan dengan mudah di tempat ini.

Banana Boat

Watersport ini tentu tidak asing bagi kebanyakan orang. Karena, kamu akan menaiki perahu karet berbentuk pisang yang nantinya ditarik oleh perahu atau speedboat.

Rolling Donut

Permainan ini mirip dengan banana boat. Namun, perbedaannya terdapat pada perahu karetnya yang berbentuk donat.

Snorkeling

Para penikmat dunia bawah air wajib mencoba hal ini. Karena dengan menyewa alat sederhana seperti kacamata renang Anda bisa melihat keindahan karang, anemon laut, serta ikan-ikan di dalamnya.

Penyu Hijau

Kamu juga dapat mengunjungi pulau penyu Tanjung Benoa yang memang dijadikan tempat perlindungan penyu hijau. Jika beruntung kamu bisa melihat proses bertelurnya penyu hijau tersebut.

Pantai Tanjung Benoa merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi. Terutama bagi kamu yang memiliki adrenalin tinggi dan penikmat olahraga air. Kamu juga bisa menikmati berbagai wahana air lainnya yang tersedia di pantai tersebut.