Cara Merawat AC Mobil

Cara Merawat AC Mobil

Posted on

Saat Anda memutuskan untuk membeli mobil maka harus siap dengan segala bentuk perawatannya. Ada salah satu perawatan yang banyak disepelekan oleh para pemilik yakni memastikan bagian AC dalam kondisi baik. Padahal bisa dikatakan bahwa cara merawat AC mobil tidak sulit untuk dilakukan asalkan Anda paham jual aki mobil jogja dengan langkah-langkahnya.

Mengingat bahwa AC memiliki peran yang penting seperti menjaga suhu ruangan dan menghilangkan embun pada kendaraan ketika turun hujan mengharuskan Anda untuk tetap memperhatikan kualitas komponen ini. Adapun berikut ini adalah 6 cara merawat AC yang paling mudah dan bisa Anda contoh.

Cara Merawat AC Mobil Untuk Menjaga Kualitasnya

Hindari Merokok Saat di Dalam Mobil

Kebiasaan merokok memang sulit dihindari. Terlebih bagi mereka yang sudah kecanduan benda ini sejak remaja. Hanya saja untuk cara merawat AC mobil yang pertama mengharuskan Anda untuk menahan keinginan sejenak agar tidak merokok di dalam kendaraan.

Selain dapat memberikan dampak bau yang tidak sedap di dalam kabin, merokok juga bisa membuat sirkulasi pada AC menjadi tercemar. Asap-asap yang dikeluarkan dari rokok secara tidak langsung akan mengendap di dalamnya. Alhasil udara yang dikeluarkan AC akan terkontaminasi pula dengan nikotin.

Inilah yang kemudian akan mengganggu kinerja AC dan membuatnya gampang mengalami kerusakan. Apabila terus-terusan merokok di dalam mobil Anda sendirilah yang rugi karena AC pasti akan rusak.

Pastikan Tidak Mematikan AC dalam Waktu yang Lama

Ada beberapa pengguna mobil yang kurang menyukai adanya AC di dalam kendaraannya karena berbagai alasan. Selain itu ada pula yang memilih mematikan AC dalam waktu yang lama karena ingin menghemat bahan bakar. Memang benar penggunaan bahan bakar akan berkurang namun tetap saja dampaknya kurang baik.

Mematikan AC terlalu lama akan membuat komponen ini rentan mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan debu-debu akan mulai menumpuk di seluruh saluran pendingin sehingga lambat laun bagian dalam AC pasti akan keropos. Tidak hanya itu saja AC yang tidak dibiarkan bekerja akan mengalami gangguan pada sirkulasi udaranya.

Jadi ketika Anda menyalakannya kembali maka udara yang keluar tidak akan maksimal. Untuk itu cara merawat AC mobil yang paling benar adalah dengan menyalakannya selama 10 menit dengan minimal satu kali dalam seminggu.

Rutin Membersihkan Kabin Mobil

Cara merawat AC mobil yang ketiga adalah rutin membersihkan kabin mobil. Meskipun berada di dalam kendaraan namun tetap saja debu-debu bisa saja menumpuk di beberapa bagian yang tidak terjangkau seperti AC.

Mungkin sehari sampai dua hari tidak akan terasa dampaknya. Akan tetapi jika Anda membiarkan begitu saja tanpa membersihkan bagian-bagian interior mobil maka akan membuat salah satu komponennya pasti rusak. AC adalah komponen yang rentan terhadap debu. Oleh sebabnya mulai jadwalkan untuk membersihkan kabin secara rutin.

Usahakan Tidak Membuka Mobil Saat AC Menyala

Udara dari luar jendela mobil memang sangat menyegarkan. Namun ingat jika Anda ingin AC kendaraan awet dan tahan lama maka jangan pernah membuka kaca mobil saat komponen tersebut tengah dinyalakan. Alasannya karena AC mobil tidaklah didesain untuk memberikan suhu dingin terhadap ruangan yang besar.

Dengan membuka kaca mobil maka akan membuat kinerja AC bertambah berat. Disamping itu debu-debu atau kotoran juga bisa terbang dan masuk ke dalam filter sehingga akan membuat performanya terganggu.

Selalu Bersihkan Kondensor AC

Selalu membersihkan kondensor AC merupakan salah satu cara merawat AC mobil yang tidak boleh sampai Anda lupakan. Kondensor ini termasuk bagian yang memiliki fungsi untuk mengubah gas Freon menjadi cairan. Agar kinerjanya selalu maksimal maka Anda perlu membersihkan bagian kondensor ini dengan rajin.

Tidak perlu setiap hari melakukannya. Cukup satu sampai dua kali seminggu. Dengan begitu kondensor akan melakukan pekerjaannya dengan baik dan mencegahnya dari kerusakan. Selain itu kegiatan bersih-bersih yang Anda lakukan akan membuat debu atau kotoran yang menyebabkan kebocoran akan hilang.

Gunakan AC dengan Benar

Cara merawat AC mobil yang terakhir adalah gunakan AC dengan baik dan benar. Salah satu kesalahan terbesar dari pengendara adalah mereka langsung menyalakan AC ketika kondisi kabin panas. Memang sepele namun apabila itu dilakukan maka AC akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan suhu pada kabin.

Bagaimana mengatasinya? Gampang saja kamu hanya perlu membuka seluruh jendela mobil sebelum menyalakan AC. Setelah semua udara panas yang terkumpul di kabin itu hilang dan terganti dengan udara baru maka silahkan tutup kembali dan nyalakan AC agar suhunya menjadi lebih dingin.

Kebiasaan kecil ini akan sangat terasa dampaknya apabila AC sudah rusak. Maka dari itu agar tidak perlu mengganti AC dengan yang baru maka Anda bisa mulai melaksanakan bagaimana cara merawat AC mobil yang baik.