Pantai Siung

Pantai Siung

Posted on

Jogja merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak sekali jajaran pantai indah. Salah satunya adalah Pantai Siung yang merupakan pantai indah di Gunung Kidul. Sebuah pantai yang menawarkan keindahan laut biru dan juga hamparan pasir putih yang membentang luas.

Nama Pantai Siung

Ada dua versi dibalik nama Pantai Siung yang pertama berdasarkan batu karang di pantai tersebut, dan yang kedua adalah sejarah yang beredar. Untuk yang pertama itu ada batu karang yang berbentuk seperti taring (siung) kera di pantai tersebut. Itulah mengapa pantai diberi nama siung.

Selanjutnya berdasarkan cerita rakyat yakni Kasih’e Biung yang merupakan legenda. Jadi ada sebuah kisah seorang perempuan bernama Surti Putri yang dipaksa dengan seorang anak Bupati namun menolaknya. Singkat cerita Surti melarikan diri dan justru menikah dengan pemuda dari Pantai Watu Lawang.

Pantai tersebut nantinya berubah menjadi Pantai Siung, seperti yang dikenal sekarang ini. Saat menikah dengan pemuda tersebut Surti diminta untuk memilih tempat tinggalnya, dan Surti tetap memutuskan untuk tinggal di pantai itu. Hal ini dikarenakan dia tidak mau meninggalkan anaknya yang sedang sakit.

Akhirnya dari kisah itu, timbullah nama Kasihe Biung, atau kasih ibu yang kemudian diubah menjadi Siung. Lalu nama tersebut disematkan ke Pantai tempat Surti tinggal sebagai bentuk penghargaan.

Lihat juga tempat wisata yang ada di jogja lainnya: Keraton Yogyakarta

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan

Bagi yang penasaran dengan keindahan yang ditawarkan di pantai ini, dan aktivitas Pantai Siung yang bisa dilakukan bisa membaca pembahasan ini. Karena disini akan diulas aktifitas apa saja yang bisa dilakukan para turis di pantai ini.

1. Berfoto

Hal pertama yang bisa dilakukan di Pantai ini adalah berfoto di beberapa spot yang memang sudah disediakan. Ada sekitar 11 spot foto yang bisa ditemukan di pantai ini, dan semuanya menyuguhkan pemandangan ciamik. Jadi jangan lupa untuk menyiapkan kamera saat berkunjung ke pantai ini.

2. Memanjat Tebing

Awalnya aktivitas ini dimulai oleh turis yang berasal dari Jepang pada tahun 1989 dengan memanfaatkan batu karang yang ada disekitarnya. Sampai saat ini kegiatan tersebut masih dikembangkan oleh pemerintah sebagai daya tarik untuk para wisatawan. Jadi cocok bagi yang menyukai olahraga menantang.

3. Berkemah

Terkadang banyak pengunjung yang merasa betah saat sedang menikmati keindahan di pantai ini. Oleh karena itu pihak pengelola menyediakan layanan kemah, bagi masyarakat yang ingin menikmati keindahan pantai ini lebih lama. Pengunjung bisa mendirikan tenda di sepanjang tempat yang sudah disediakan.

4. Melihat Kera

Keunikan lainnya dari pantai ini adalah pengunjung juga bisa melihat kera yang akan mendatangi pantai saat sedang sepi. Gerombolan kera ini akan turun dari tebing di sekitar pantai. Tidak usah khawatir akan diganggu oleh kera-kera ini, asalkan tidak diganggu maka kera-kera di pantai ini juga akan tetap diam.

5. Bermain Di Pantai Pasar Putih

Sama seperti di pantai lainnya, di pantai ini pengunjung juga bisa bersantai dan bermain di hamparan pasir putih yang luas. Dengan mendengarkan deburan ombak sembari berjalan santai, tentu merupakan kegiatan yang memberikan kesan mendalam.

6. Menaiki Bukit

Terakhir pengunjung bisa menaiki bukit yang ada di sekitar pantai tersebut, dengan menggunakan jalur yang sudah disediakan. Lokasi bukit-bukit ini terletak di sebelah timur pantai jadi pengunjung bisa menyusurinya dari situ. Dari bukit-bukit ini juga pengunjung bisa menikmati pemandangan yang sangat indah.

Akses dan Rute

Untuk bisa mengunjungi pantai ini pengunjung hanya tinggal mengunjung Kabupaten Gunung Kidul, dan menuju ke Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari pusat kota Jogja menuju pantai ini adalah 2 jam, dengan jarak 70km.

Jika kamu ingin menikmati keindahan pantai ini, kamu bisa menggunakan jasa rental mobil di jogja dengan sopir bersama keluarga.

Biaya Tiket Masuk

Selanjutnya adalah tiket masuk dari pantai ini yang sangat terjangkau yakni hanya Rp 10ribu perorang yang merupakan biaya retribusi. Bagi yang membawa kendaraan bisa membayar Rp 2ribu motor, dan Rp 5ribu untuk mobil. Sungguh sebuah harga yang sangat murah untuk pantai dengan keindahan yang luar biasa.

Jadi bagi yang masih bingung ingin memilih untuk berwisata kemana saat liburan nanti, bisa mengunjungi pantai indah yang satu ini. Tidak hanya menawarkan keindahan, Pantai Siung juga menawarkan kedamaian karena lokasinya yang masih sepi.