Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa
Mahasiswa Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala (UKWM) Surabaya meracik minuman saat digelar pameran kewirausahaan dan inovasi mahasiswa UKWM di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (11/11). Pameran tersebut menampilkan sejumlah ide dalam berwirausaha seperti makanan, minuman, pakaian dan aksesoris yang diharapkan dapat menciptakan peluang bisnis. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww/16.

Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa

Posted on

Masa menimba pengalaman paling tepat adalah ketika masih duduk di bangku perkuliahan. Pengalaman tidak hanya didapat dari jurusan yang diampu saja, melainkan ada organisasi hingga pekerjaan sampingan untuk mahasiswa. Anda termasuk orang yang harus mengincar kegiatan tersebut jika ingin menimba pengalaman yang tepat.

Kiriman uang dari orang tua memang datang setiap bulannya. Namun, apakah Anda tidak ingin memiliki penghasilan tambahan yang menjanjikan? Terlebih jika kebutuhan mahasiswa ada banyak setiap bulan, misalnya membeli barang impian hingga traveling. Jika ingin semua keinginan tersebut terpenuhi, maka cobalah pekerjaan sampingan berikut.

1. Penulis Lepas

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki kemampuan merangkai kata menjadi artikel, cerita pendek, puisi atau esai? Jika mempunyai keterampilan tersebut, maka Anda bisa menjalani pekerjaan sebagai penulis lepas di berbagai media online. Peluang pekerjaan sampingan untuk mahasiswa ini penghasilannya cukup besar.

Lihat juga usaha waralaba makanan

Selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi, Anda dapat mencoba mengirim tulisan ke berbagai media online. Anda dapat membuat tulisan di sela-sela waktu kosong ketika sedang bebas tugas dan ujian. Honor yang diterima dari pekerjaan ini cukup besar, untuk satu esai saja bisa Rp. 200.000-Rp. 350.000. Berminat mencoba?

2. Penerjemah

Jasa penerjemah cukup banyak dicari orang. Pekerjaan untuk mahasiswa tanpa modal ini patut dicoba oleh mereka yang memiliki keterampilan berbahasa asing. Proyek-proyek yang digarap oleh jasa penerjemah bahasa Indonesia biasanya berupa hasil penelitian, terjemahan buku asing, atau jurnal ilmiah.

Anda dapat mencari pekerjaan sampingan ini dari berbagai platform freelancer, guru, jaringan alumni kampus atau dosen yang membutuhkan. Adapun tarif yang dibayarkan kepada penerjemah biasanya mulai dari Rp. 250.000 dari bahasa asing ke bahasa Indonesia.

3. Content Creator

Keahlian content creator sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan, blogger, atau youtuber. Seperti yang kita tahu bersama beberapa waktu lalu pekerjaan sampingan yang sedang menjadi primadona di antara mahasiswa adalah content creator. Manfaatkan bakat tersebut untuk membuat konten youtube, blog, facebook atau instagram.

Semakin banyak penonton yang tertarik dengan konten yang dibuat, maka semakin besar pula bayaran yang Anda terima dari platform tersebut. Bayangkan saja, honor seorang content creator perbulannya paling sedikit Rp. 3.000.000 per bulan.

4. Ilustrator

Bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan membuat ilustrasi atau gambar dalam bentuk digital, jenis pekerjaan sampingan untuk mahasiswa ini cocok dijalankan. Perlu diketahui, pekerjaan seorang ilustrator tidak sama dengan artis atau seniman. Anda dapat menjadi seorang ilustrator sampul buku, produk, dan masih banyak lagi.

Jika ingin menjadi seorang ilustrator yang sukses, maka buatlah portofolio sebanyak-banyaknya. Honor dari pekerjaan sampingan sebagai ilustrator untuk pekerjaan sederhana mulai dari Rp. 50.000. Jika ingin mendapat keuntungan besar, Anda dapat menargetkan perusahan-perusahaan besar yang membutuhkan jasa ilustrator.

5. Admin Sosial Media

Bagi yang sedang berselancar di sosial media dalam waktu lama, maka cocok sekali menjalani pekerjaan sampingan sebagai admin sosial media. Biasanya pekerjaan ini tidak ada jam kerja formal sehingga mahasiswa tidak perlu merasa terikat.

Anda dapat menjadi admin sosial media online shop, UKM atau perusahaan startup yang membutuhkan orang untuk mengelola sosial media mereka. Skill tambahan yang dibutuhkan dalam jenis pekerjaan ini adalah copywriting dasar dan cara berinteraksi di sosial media. Adapun gaji seorang admin sosial media bisa mencapai Rp. 2.500.000 untuk yang full time.

6. Web Developer

Berkat perkembangan internet pekerjaan sampingan untuk mahasiswa bidang web developer juga semakin meningkat. Banyak sekali permintaan pasar terhadap orang-orang yang memiliki kemampuan dalam membuat dan mengembangkan website. Jenis pekerjaan ini bisa dilakukan secara part time atau paruh waktu.

Mahasiswa yang berprofesi sebagai web developer semakin hari semakin dibutuhkan perusahaan startup. Honor yang diterima juga besar, mulai dari Rp. 1.000.000 – Rp. 3.000.000 untuk setiap proyeknya.

7. Reseller atau Dropshipper

Menjadi reseller atau dropshipper cocok dijadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk mahasiswa saat ini. Selain bisnis minimnya modal yang keluar, pemasaran produk juga bisa menjangkau seluruh wilayah apabila mengerti cara kerja sistem online. Apalagi saat ini belanja online sedang gencar-gencarnya dilakukan masyarakat Indonesia.

Banyak produk yang dapat dijual seperti alat tulis, buku, aksesoris, pakaian, tas, sepatu dan sebagainya pada marketplace atau sosial media. Dari satu produk yang dijual, Anda dapat meraup keuntungan bersih hingga Rp. 100.000 tergantung jenis produknya.

8. Driver Transportasi Online

Mahasiswa mulai banyak melirik pekerjaan sebagai driver semenjak aplikasi transportasi merebak di Indonesia. Pekerjaan sampingan mahasiswa modal kecil ini bisa memberi penghasilan tambahan lumayan besar. Oleh karena itu, Anda tidak perlu gengsi atau malu dengan pekerjaan ini karena banyak teman mahasiswa yang juga menjalaninya.

Driver transportasi online dapat dilakukan saat jam kuliah kosong atau saat perkuliahan selesai. Modal yang dibutuhkan adalah motor atau mobil dan smartphone untuk menunjang aplikasi transportasi online. Rata-rata tarif perhari yang didapat bisa Rp 50.000 jika mengambil pesanan sebanyak 2-3 kali.

9. Asisten Dosen

Jika Anda sedang mencari pekerjaan sampingan mahasiswa kedokteran yang tepat, maka asisten dosen jawabannya. Bantuan asisten biasanya dibutuhkan oleh beberapa dosen fakultas kedokteran untuk membantu penelitian atau penerbitan.

Siapkan curriculum vitae terbaik dan ikuti recruitment asisten dosen yang ada. Pekerjaan ini cukup menyenangkan karena selain mendapat uang, wawasan dan ilmu Anda juga semakin bertambah luas.

10. Make up Artist

Pekerjaan sampingan sebagai make up artist atau jasa rias wajah sangat menjanjikan. Banyak wanita yang membutuhkan jasa make up artis ketika pernikahan, tunangan, wisuda, maupun prewedding. Gaji yang diterima seorang make up artist bervarian. Paling murah Rp. 250.000 dan paling mahal bisa mencapai puluhan juta rupiah sekali event saja.

Lihat juga cara membuat surat izin usaha

Itu tadi beberapa pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang cocok dan menjanjikan penghasilan besar setiap bulannya bila dikerjakan. Semoga berminat mencoba!