10 Tips Usaha Laundry Kiloan dengan Modal Kecil

Usaha Laundry Kiloan dengan Modal Kecil

Posted on

Di zaman yang era sibuk ini, banyak pekerjaan rumah terbengkalai karena tidak punya waktu lebih untuk mengurusnya. Hal ini karena orang-orang lebih banyak memilih mengurus pekerjaan diluar yang menghasilkan uang dibandingkan mengurus rumah. Namun, fenomena ini malah menguntungkan para pelaku usaha laundry.

Di saat sedang sibuk-sibuknya menyelesaikan pekerjaan, tentu sebagian besar orang lebih memilih menggunakan jasa laundry untuk mencuci baju mereka. Ini adalah kesempatan emas yang tidak boleh dilewatkan pengusaha karena peluang bisnis ini cukup besar. Oleh karena itu, ketahui tips usaha laundry modal kecil sebelum memulainya.

1. Memberikan Harga yang Sesuai

Harga jasa laundry merupakan faktor pertama yang dipertimbangkan oleh orang-orang. Pelanggan akan semakin banyak memakai jasa laundry Anda apabila harga yang diberikan semakin murah. Hal ini juga berlaku sebaliknya, konsumen akan berpikir ulang menggunakan jasa laundry Anda apabila tarif jasa yang dipatok semakin mahal.

Lihat juga situs reseller untuk jualan online

Meskipun pelanggan senang dengan harga jasa yang murah, tetap saja harga tersebut tidak boleh membuat pelanggan beropini negatif. Harga yang terlalu murah juga dapat menyebabkan Anda mengalami kerugian besar. Jadi, berikan harga jasa laundry yang sesuai agar tetap dipercaya pelanggan.

2. Maksimal dalam Melayani

Jika ingin usaha laundry Anda mengalahkan semua kompetitor, tidak hanya masalah harga yang dipikirkan, melainkan pelayanan pelanggan juga harus maksimal. Hasil kinerja laundry kiloan harus dapat membuat pelanggan puas dan tidak kecewa telah menggunakan jasa Anda.

Jangan sampai semua pelanggan kabur karena buruknya pelayanan yang diberikan. Jadi, usahakan mulai dari pagi, usaha cuci baju Anda telah buka. Anda juga harus jujur apabila dalam baju konsumen ada uang yang tertinggal. Jika jujur selama membuka bisnis cuci baju ini, tidak menutup kemungkinan pelanggan akan mempromosikan laundry Anda.

3. Pilih Lokasi Strategis

Faktor utama banyaknya pelanggan yang memakai jasa laundry Anda sudah jelas karena lokasinya yang strategis. Jangan membuka bisnis cuci baju ini apabila lokasi yang dipilih tidak terlalu sibuk orang-orangnya.

Pilihlah lokasi bisnis laundry yang dekat dengan sekolah, perkantoran, kampus, kos-kosan, sekolah atau tempat yang ramai dan padat. Biasanya para pekerja kantoran atau mahasiswa jarang ada yang mencuci pakaian sendiri karena malas atau terlalu sibuk.

 

4. Aktif dan Kreatif Mempromosikan Usaha

Percuma saja membuka usaha laundry dan keluar modal banyak jika usaha tersebut tidak dipromosikan secara aktif. Jika ingin banyak orang mengenal jasa laundry Anda, sebaiknya mulai dari sekarang lebih aktif dan berpikir kreatif untuk memasarkannya.

Ingat, saingan bisnis Anda bukan hanya satu dua melainkan ada banyak. Apalagi jika membuka usaha cuci pakaian yang dekat dengan kos-kosan dan area perkantoran, pasti ada banyak kompetitor yang dihadapi. Jika tidak aktif dan kreatif mempromosikan usaha, kemungkinan Anda kalah dari saingan sangat besar.

5. Pintar Mengelola Biaya dan Modal

Tips memulai usaha laundry untuk pemula selanjutnya adalah pintar mengelola seluruh biaya dan modal bisnis tersebut. Hal ini juga berlaku untuk semua jenis bisnis dan pemilik dituntut untuk tahu cara mengelola keuangan yang baik dan benar.

Sekarang ini, alasan keterbatasan modal sudah basi digunakan. Karena banyak layanan pinjaman uang yang dapat dimanfaatkan untuk membangun jasa laundry kecil-kecilan. Namun ingat, setelah meminjam modal, Anda harus bersungguh-sungguh mengembangkan bisnis ini sebab harus segera melunasi semua hutang modal pinjaman.

6. Pekerjakan Karyawan yang Kompeten

Faktor lain yang membuat sukses usaha laundry adalah karyawan yang dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan kompeten. Hal ini berlaku untuk semua jenis usaha, bukan hanya untuk jasa cuci baju saja. Usaha bisa mengalami kemunduran drastis ketika pemiliknya salah mempekerjakan orang.

Oleh karena itu, pilihlah pekerja yang memiliki kemampuan yang baik dalam mencuci, menyetrika, jujur dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Berikan gaji pokok yang sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki dan Anda tidak boleh pelit.

7. Memiliki Pemikiran yang Cerdas

Maksud dari pemilik harus memiliki pemikiran yang cerdas adalah Anda mengetahui trend bisnis cuci pakaian yang dijalankan. Jika membuka jasa laundry, setidaknya informasi tentang pembersih atau pewangi pakaian yang banyak disukai pelanggan harus diketahui.

Tidak sampai disitu saja, penurunan omset pada bisnis Anda juga perlu diperhatikan. Segera benahi usaha tersebut apabila mengalami kerugian setiap bulannya. Jadilah pemilik usaha laundry kiloan yang cerdas dan pintar membaca situasi. Jangan biarkan pesaing bisnis lebih unggul dan disukai pelanggan Anda.

8. Dapat Menghargai Waktu

Mulai sekarang ubah kebiasan buruk Anda yang kurang menghargai waktu. Dalam berbisnis laundry kiloan, tidak jarang banyak orang yang mengalami kegagalan karena tidak bisa menghargai waktu yang dimilikinya. Selesaikan pekerjaan cuci mencuci pakaian konsumen tepat waktu dan kalau bisa sebelum waktu yang dijanjikan.

Akan sangat bahaya apabila Anda membuat pelanggan kecewa karena telat mengerjakan cuciannya. Hal tersebut tentu membuat penilaian pelanggan menjadi negatif terhadap jasa Anda.

9. Belajar dari Pengalaman Terus Menerus

Dalam sekali percobaan belum mungkin usaha laundry rumahan Anda langsung berhasil. Tentunya ada banyak rintangan dan kendala yang harus dihadapi saat bisnis masih tahap pengembangan. Jadi, jangan patah semangat dan belajarlah dari pengalaman terus menerus.

Asah kemampuan berbisnis Anda dengan terus belajar. Dengan demikian, tidak mungkin di masa depan jasa laundry kiloan yang Anda bangun dari nol sukses besar. Jadi, jangan ragu untuk mencari pengalam sebanyak-banyaknya jika ingin bisnis yang dibangun sukses besar.

10. Menguasai Teknik Laundry

Teknik laundry yang baik dan benar harus dikuasai oleh pemilik usaha ini. Tidak mungkin bukan Anda menjalankan bisnis cuci pakaian namun tidak memiliki satupun pengetahuan akan teknik mencuci pakaian. Oleh karena itu, sebelum membuka usaha ini, memiliki dituntut harus memiliki ilmu mencuci pakaian yang bersih dan rapi.

Lihat juga pekerjaan sampingan mahasiswa

Itu tadi 10 tips membuka usaha laundry kiloan bagi yang ingin sukses walau dengan modal kecil. Jadi, jangan lupa terapkan tips di atas selama menjalankan usaha cuci pakaian sejak dari awal.